NT Exegesis

Amanuensis, Inspirasi, dan Otoritas Surat-surat Paulus

Paulus Menyimpang dari Ajaran Yesus?

Waktu Penyaliban Yesus

Hari Penyaliban Yesus: Kamis atau Jumat?

Tanggapan Profesor Darrell L. Bock dan Profesor Ben Witherington III terhadap Ehrman

Tentang Penggabungan “Yesus” dan “Kristus” dalam KPR menurut G.E. Ladd

Mengapa Paulus menjadi Penganiaya? Sebuah Proposal dari Paul Barnett

Menjadi Pelayan yang Fokus (Kis. 6:1-7)

Paulus Pernah Menikah? – Saduran Pandangan William Barclay

Nama dan Gelar Yesus dalam Surat-surat Paulus

Tentang Kata “ho kyrios” dalam Yohanes 13:13

Doksologi dalam Roma 11:36

Tentang Frasa καὶ θεὸς ἦν ὁ λόγος (Yoh. 1:1c)

MARKUS 2:26, SEBUAH ANAKRONISME? KOMENTAR PROFESOR CRAIG A. EVANS

Kombinasi Double Negasi + Subjunktif dalam Yohanes 10:27-28

PERBUATAN DAN KLAIM KETUHANAN YESUS: EKSEGESIS YOHANES 5:1-47

Jesus’ Heart for All Believers (Yoh. 17:9-26

Tentang Kata “Tou Ponerou” dalam Matius 6:13

Apa Maksud “Dibaptis bagi Orang Mati” dalam 1 Korintus 15:29?

Tentang Kata “Proskuneo” (Mat. 2:11): Sebuah Evaluasi terhadap Komentar Matthew Henry

Orang Kristen Tidak Berbuat Dosa Lagi? (Yoh. 3:9)

Aspek Kultural di Balik Perumpamaan tentang Anak yang Hilang (Luk. 15:11-31)

Yesus Tidak Mengakui  Orang-orang Kristen? (Mat. 7:15-23) 

Yesus, Dalang Pencurian Keledai?

Mengapa Nama Saulus Diganti Menjadi Paulus?

 Identifikasi “Kita” dalam Kejadian 1:26: Sejarah Eksegesis dan Evaluasinya

Jangan Menghakimi = Jangan Menyatakan Salah?

Mengenai Kata “Arnion” dalam Yohanes 21:15

“Mesias yang Sah, Silakan Berdiri!”: Sebuah Tafsiran Popular Matius 1:1-17

Sarana-sarana Ketaatan menjadi Saksi-saksi Ketidaktaatan (Eksegesis Rm. 2:12-16)

Injil Matius: Sebuah Pengantar Popular

“Aku Haus” maka “Selamat Menderita!”

Signifikansi Tata Bahasa, Struktur, dan Relasi Sintaksis Matius 28:19-20

Remah-remah dari Meja Israel Dipungut oleh Seorang Wanita Yunani (Mrk. 7:24‑30)

An Exegetical Note on Romans 1:18-20

Setting Historis Wahyu 3:14-22

James 5:13-18: Its Exegetical Issues, My Hipothesis, and Focus of Research

Signifikansi Kata “Harus” dalam Yohanes 4:4

DASAR PARAENESIS PAULUS DALAM SURAT 1 TESALONIKA

Riset Profesor Baugh tentang “Cult Prostitution” di Efesus: Reurai dan Komentar Singkat

Yesus Menyucikan Bait Suci: Satu Kali atau Dua Kali?

“Yesus Menyucikan Bait Allah”: Sebuah Respons terhadap Bart D. Ehrman

Narasi “Yesus Menyucikan Bait Suci”: Pertimbangan Selanjutnya

Dua Aspek Eksegetis Roma 1:5

Bagaimana Paulus Mengetahui tentang Perjamuan Malam Tuhan Yesus?

Kisah 9:7 & 22:9 Berkontradiksi? Evaluasi terhadap Usulan Gleason R. Archer, Jr.

Mengapa Yusuf Membawa Maria ke Betlehem? – Sebuah Telusuran Historis

Autograf & Manuskrip: Tiga Fakta Historis

Meninjau Ulang Konsensus mengenai Frasa “Kerajaan Sorga” dalam Injil Matius: Kontribusi Jonathan T. Pennington

“Di manakah yang sembilan orang itu?”: Sekilas tentang Latar Kultural Lukas 17:11-19

Kroeger mengenai “Head” dalam Dictionary of Paul and His Letters

F.C. Baur mengenai διὰ τοὺς ἀγγέλους dalam 1 Korintus 11:10

Antesenden Kata αὐτήν dalam Ibrani 12:17, Isu-isu Riset

Tentang Frasa πλέον τούτων (Yoh. 21:15)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s