Review of Rodney Stark’s “God’s Battalions: The Case for the Crusades”

9780061582615.jpg
God’s Battalions

God’s Battalion adalah sebuah buku yang sangat penting dengan materi yang kredibel, menantang serta membongkar asumsi umum yang sudah lebih dari satu abad menebar ke segala penjuru bumi bahwa Perang Salib adalah ‘noktah hitam’ dalam sejarah Kekristenan. Perang Salib dianggap sebagai sebuah kekejaman dan kejahatan atas nama agama (Kristen) yang dilakukan terhadap peace-loving Muslims. Asumsi tak berdasar ini ternyata adalah sebuah mitos yang secara masif disebarluaskan melalui klaim berulang dari berbagai tokoh dari semua golongan dan agama. Kekristenan dipaksa untuk mengaku bersalah.

Dan ketika Muslims, dengan meneladani Muhammad, melakukan berbagai aksi teror di segala penjuru bumi sampai saat ini – dan akan terus berlanjut tentunya – lalu Anda mengemukakan kritik atas mereka, suddenly mereka akan melemparkan Perang Salib ke wajah Anda sambil mengingatkan Anda bahwa sama seperti penyimpangan itu terjadi dalam Kekristenan, demikian pula para teroris Islamik tersebut. Well, para teroris Islamik tersebut meneladani Muhammad, jadi itu bukan penyimpangan terhadap Islam (sesuatu yang dapat Anda baca dalam Sirat Rasul Allah dan koleksi hadis-hadis Sahih); para crusaders memblokade agresi militer Islam berabad-abad sebelum (sejak abad ke-7) serta berupaya membebaskan Yerusalem dari invasi militer Islam dan membebaskan orang-orang Kristen yang ditawan oleh para serdadu Islam. Perang Salib tidak analogis dengan terorisme Islamik!

Di tempat lain, saya telah menulis sebuah review terhadap God’s Battalions yang dapat Anda baca atau Anda unduh di sini.

Advertisements